Selasa, 17 September 2013

5 Olahraga yang Bisa Dilakukan di Mobil Saat Macet


5 Olahraga yang Bisa Dilakukan di Mobil Saat Macet

Arina Yulistara - wolipop


imgJakarta - Terkadang stres tidak hanya disebabkan oleh pekerjaan menumpuk, tapi juga kondisi jalan yang terlalu padat. Mungkin kemacetan sudah menjadi 'santapan' Anda sehari-hari. Macet seringkali membuat mood menjadi buruk. Beberapa orang melaluinya dengan bernyanyi dan mendengarkan musik favorit di dalam mobil atau memainkan handphone serta membaca buku. Ada cara lain yang lebih menyehatkan untuk mengurangi stres ketika macet. Ini dia lima latihan yang bisa dilakukan di dalam mobil ketika macet.

1. Latihan Leher
Leher merupakan salah satu bagian yang paling lelah ketika Anda berkendara. Untuk itu ada beberapa latihan leher yang membuat Anda lebih rileks dan mengurangi pegal pada bagian tersebut. Selama melakukan latihan, Anda disarankan untuk duduk tegak.

a. Latihan 1
Rapatkan kedua telapak tangan dan jari Anda kemudian taruh di belakang kepala. Dorong kepala dengan kedua telapak tangan hingga menekuk ke depan. Lakukan dalam hitungan dua kali delapan.

b. Latihan 2
Angkat tangan kiri lalu letakkan di pelipis kanan dekat ujung mata. Kemudian dorong kepala Anda secara perlahan ke bahu kiri. Lakukan hal yang sama ke arah sebaliknya dengan hitungan masing-masing dua kali delapan.

c. Latihan 3
Seperti yang dikutip dari Genius Beuaty, rapatkan kedua telapak tangan kemudian taruh kedua ibu jari di bawah dagu. Dorong dagu ke atas perlahan-lahan dan lakukan hitungan dua kali delapan.

d. Latihan 4
Letakkan tangan kanan pada sabuk pengaman lalu tangan kiri di belakang punggung. Kemudian angkat kepala ke atas menatap ke arah atap mobil. Diam selama 6 sampai 10 detik. Ulangi dengan hitungan dua kali delapan. Lakukan juga ke arah sebaliknya.

2. Latihan Bahu
Bagi Anda yang suka berkendara sendiri, bahu merupakan bagian yang sering pegal karena kelamaan menyetir. Untuk menghilangkan rasa pegal tersebut, Anda bisa menghabiskan waktu saat macet dengan berolahraga. Latihan bahu cukup sederhana. Gerakkan kepala ke belakang dan depan sebanyak dua kali. Lakukan juga ke arah kanan dan kiri sebanyak dua kali.

3. Latihan Pernapasan
Untuk mengurangi stres ketika macet, coba latihan pernapasan. Tarik napas dalam-dalam kemudian hitung sekitar lima detik buang melalui mulut. Lakukan latihan yang sama pada bokong, caranya dengan menarik otot-otot bokong ke atas hitung sekitar lima detik kemudian turunkan. Buat pengulangan latihan ini sebanyak 15 kali pengulangan.

4. Lakukan Senam Kegel
Senam kegel bisa dilakukan di mana saja. Latiha kegel bisa mengencangkan otot-otot panggul dan bagus untuk kehidupan seks wanita. Senam kegel juga berguna untuk mengencangkan otot miss V Anda. Ini merupakan salah satu latihan yang bisa dilakukan ketika menghadapi macet. Latihan kegel hanya dilakukan dengan posisi duduk tegak. Rapatkan otot vagina, bokong, serta tarik otot perut secara bersamaan kemudian tahan napas selama 10 detik. Jika tidak kuat, coba 5 detik terlebih dahulu lalu bertahap. Setelah itu, kendurkan kembali dengan membuang napas dan rileks. Lakukan sekitar 10 kali.

5. Latihan Mata
Mata juga seringkali menjadi lelah karena perjalanan panjang setiap hari menghadapi macet ketika berangkat dan pulang kantor. Latihan ini sangat mudah. Ketika macet, putar bola mata ke atas, kanan, bawah, dan kiri, kemudian tutup mata sejenak. Buka secara perlahan lalu ulangi kembali sekitar sepuluh kali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar