Selasa, 17 September 2013

Rajin Olahraga Buat Anda Lebih Pintar, Ini Alasannya


Rajin Olahraga Buat Anda Lebih Pintar, Ini Alasannya

Hestianingsih - wolipop


img
Jakarta - Rajin Olahraga Bikin Anda Lebih Pintar, Ini Alasannya

Rutin nge-gym tidak hanya membuat tubuh bugar dan membentuk otot. Tapi juga bermanfaat bagi otak. Menurut penelitian yang diadakan University of Texas di Amerika Serikat, olahraga selama 30 menit sehari bisa meningkatkan kecerdasan. 

Penelitian tersebut melibatkan lebih dari 1.100 responden yang mengkolerasikan aktivitas fisik dan efeknya terhadap nilai mereka di kuliah. Hasilnya, mahasiswa yang mendapatkan nilai A berolahraga sedikitnya 30 menit sehari, 3,5 kali dalam seminggu. Sementara responden yang mendapatkan nilai C,D atau F di kampur hanya berolahraga 2,8 kali seminggu. 

"Latihan meningkatkan mood positif Anda. Bekerja sebagai antidepresan dan dengan begitu, membantu meningkatkan mood dengan cepat. Terlepas dari itu, latihan juga membantu Anda lebih mudah berkonsentrasi dengan hal-hal yang Anda kerjakan sehari-hari secara rutin. Jadi, rutin olahraga bisa membuat Anda lebih pintar dan percaya diri," ujar pakar fitnes Althe Shah.

Ini beberapa alasan lain yang dikemukakan para pakar kesehatan, seperti dikutip dari iDiva:

1. Membangkitkan Energi
Semakin banyak Anda bergerak, tubuh akan terasa lebih berenergi. Aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin akan meningkatkan kekuatan otot dan ketahanan tubuh. Olahraga juga memberi Anda tambahan energi untuk berpikir lebih jernih dan mendatangkan ide-ide baru. Cukup dengan bergerak secara aktif selama 15 menit, akan membuat tubuh Anda memproduksi lebih banyak energi pada tingkat sel.

2. Menajamkan Fokus
Dr John Ratey, yang menulis hasil penelitian mengatakan bahwa olahraga bisa meningkatkan kemampuan otak dalam jangka pendek. Caranya dengan membuat Anda lebih fokus dalam dua sampai tiga jam setelah olahraga. Jika Anda akan presentasi atau memberi sambutan dalam meeting kantor, cobalah berolahraga 1-2 jam sebelumnya. Cara ini dipercaya akan membuat performa kerja Anda pada titik terbaiknya. Kemampuan otak meningkat saat terjadi pemompaan darah di dalam tubuh ketika Anda berolahraga.

3. Menentukan Prioritas
Olahraga memicu produksi endorphin, yang berfungsi meningkatkan fungsi otak. Setelah berolahraga, kemampuan Anda menentukan prioritas dalam pekerjaan meningkat. Membantu Anda mem-block gangguan yang datang saat harus berkonsentrasi. Hal ini sangat membantu saat Anda membutuhkan konsentrasi tinggi ketika mengerjakan tugas. 

4. Memperkuat Daya Ingat
Otak akan menyerap lebih banyak memori dan menyimpannya saat tubuh Anda aktif. Dalam sebuah eksperimen, responden diminta mengingat tulisan. Kemudian mereka diminta memilih antara berlari, angkat beban atau duduk setelah membacanya. Responden yang lari dan angkat beban ternyata lebih akurat membacakan kembali tulisan tersebut ketimbang mereka yang hanya duduk diam.

5. Meningkatkan Produktivitas
Menurut sebuah penelitia, pekerja yang berolahraga di siang hari, antara jam kerja dan istirahat makan siang cenderung berkontribusi lebih banyak daripada karyawan yang tidak olahraga. Mereka juga lebih produktif saat bekerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar