Sabtu, 12 Desember 2015

Apa itu Sekolah Pariwisata? -

Ilustrasi sekolah pariwisata
Pariwisata merupakan potensi suatu wilayah yang selalu memiliki keindahan dan keunikan tersendiri yang biasanya bergantung pada karakteristik wilayah tersebut. Pariwisata selalu memiliki daya tarik bagi siapa pun, bahkan bagi penduduk setempat itu sendiri.
Berbagai potensi pariwisata yang ada di antaranya potensi yang disuguhkan oleh alam seperti pantai, gunung, sungai, danau. Ada pun potensi pariwisata yang dibuat oleh manusia yang merupakan pengembangan dari potensi alam yang ada di sebuah wilayah seperti bangunan-bangunan cagar budaya, museum, arena permainan, bahkan pusat jajanan makanan.

Kebutuhan akan Pariwisata

Pariwisata memang begitu menarik setiap orang sebab siapa pun pastilah memerlukan hiburan. Setiap orang memerlukan penyegaran, interaksi dengan keadaan sekitar dan alam, semuanya membutuhkan refreshing. Kebutuhan itu tidak dipandang dari tingkat ekonomi seseorang. Pun tidak dinilai dari segi usia dan jenis kelamin. Semua makhluk bernama manusia, memerlukan hiburan dengan mengunjungi suatu tempat yang memiliki daya tarik tersendiri.
Semakin meningkatnya minat masyarakat dalam mengunjungi potensi pariwisata yang ada, tentu membutuhkan tenaga-tenaga ahli yang menguasai dunia kepariwisataan. Selain itu, dibutuhkan pula berbagai strategi dan daya tarik lainnya untuk mendukung potensi pariwisata tersebut.
Saking meningkatnya kebutuhan akan ahli yang menguasai bidang-bidang kepariwisataan, maka sekolah pariwisata pun hadir untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Sekolah Pariwisata

Sekolah pariwisata hadir tidak hanya berfungsi untuk menghasilkan tenaga-tenaga ahli di bidang kepariwisataan yang menunjang dan mendukung potensi pariwisata nasional. Namun, sekolah pariwisata pun memiliki misi menghasilkan tenaga-tenaga ahli yang mampu membuat atau membangun potensi pariwisata yang baru.
Berbagai sekolah pariwisata hadir di Indonesia, khususnya di kota-kota besar. Di Bandung sebutlah sekolah pariwisata yang terkenal yaitu Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung. Peminatnya bahkan tidak hanya dari luar kota saja, namun peminat dari luar Pulau Jawa pun cukup banyak.
Di sekolah pariwisata tidak hanya dipelajari mengenai manajemen pariwisata saja, namun dipelajari pula hal-hal yang berhubungan dengan keahlian seperti memasak. Memasak menjadi salah satu materi bahkan program studi dalam kurikulum di sekolah pariwisata, sebab pesona kuliner menjadi daya tarik tersendiri bagi dunia kepariwisataan.

Program Studi Sekolah Pariwisata

Berbagai program studi yang biasanya terdapat dalam sekolah pariwisata di antaranya Manajemen Perhotelan, Manajemen Pariwisata, dan Manajemen Perjalanan. Perjalanan pun menjadi salah satu program studi sebab perjalanan berhubungan langsung dengan akses lokasi pariwisata.
Dalam sekolah pariwisata, praktik memegang peranan penting. Perbandingannya dengan teori, bisa 60:40 persen atau 70:30 persen. Persentase untuk praktikum tentu lebih tinggi dibanding teori sebab dalam dunia pariwisata aplikasi menjadi penentu gerak utama dalam pergerakan kemajuan kepariwisataan nasional.
Sekolah pariwisata bukan sekadar institusi pendidikan semata. Sekolah pariwisata memiliki kontribusi yang sangat besar bagi kemajuan pariwisata nasional. Sekolah pariwisata menghasilkan pelaku-pelaku pariwisata yang handal dan siap kerja.
Program studi perhotelan adalah suatu kesatuan rencana belajar yang menerapkan dan mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan ilmu perhotelan khususnya dalam perencanaan, memproduksi, dan pengawasan pengelolaan jasa penginapan/akomodasi, tata boga, jasa boga, dan jasa lainnya dalam bidang perhotelan.
Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa pertambahan jumlah hotel begitu pesat dalam 5 tahun terakhir ini, industri pariwisata nasional (domestik) dan internasional (dunia) bertumbuh melesat akhir-akhir ini, ditambah dengan biaya transportasi semakin murah membuat dunia menjadi semakin terasa sempit, industri perhotelan dan pariwisata terus membutuhkan tenaga kerja yang ahli dan profesional.
Sumber daya manusia yang mempunyai keahlian dalam memadukan ketrampilan praktis dan pengetahuan manajemen di sektor kepariwisataan, khususnya di dunia perhotelan, telah menjadi tuntutan mutlak di tengah perkembangan industri perhotelan yang pesat di Indonesia.

Sekolah Pariwisata murah di Jakarta
Kebutuhan tenaga handal di Provinsi DKI Jakarta yang terus meningkat dari tahun ke tahun menjadi perhatian serius Dinas Pariwisata DKI Jakarta untuk menyediakan tenaga handal tersebut.
Tenaga pariwisata merupakan ujung tombak industri pariwisata Provinsi DKI jakarta. Apalagi Provinsi DKI Jakarta merupakan daerah tujuan wisata baik lokal maupun mancanegara.
Dengan moto enjoy jakarta di perlukan sumber daya manusia profesional, tidak saja secara teknis kepariwisataaan namun juga memiliki aksesbilitas yang baik terhadap komponen pendukung industri pariwisata.
Hal inilah yang mendorong Pemerintah Provinsi DKI jakarta melalui AKADEMI PARIWISATA JAKARTA (Berdiri sejak 1972) untuk mendidik masyarakat luas memenuhi persyaratan untuk menjadi tenaga profesional bidang pariwisata baik jurusan PERHOTELAN maupun PERJALANAN PARIWISATA (TRAVEL).
Akademi Pariwisata Jakarta (APJ) merupakan salah satu unit kegiatan bidang pendidikan formal Diploma Tiga (D.III) dengan jurusan / program :
  1. USAHA PERHOTELAN
  2. USAHA PERJALANAN WISATA (TRAVEL)
Akademi Pariwisata Jakarta (APJ) merupakan aset Pemerintah DKI Jakarta yang pengelolanya di serahkan kepada Yayasan Pendidikan Jayakarta.

Visi-Misi
VISI Program Studi
Unggul dan terkemuka menghasilkan lulusan Ahli Madya Perhotelan oada tahun 2019 untuk memenuhi kebutuhan industri perhotelan dan masyarakat dalam persaingan global.
MISI Program studi
  1. Melaksanakan Proses Belajar Mengajar yang memadukan teori dan aplikasi di bidang Perhotelan yang memenuhi standar kualitas kerja.
  2. Menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta melakukan pengkajian, pelatihan dan kerjasama sesuai Tri Drarma Perguruan Tinggi.
  3. Menjalin Kerjasama dengan berbagai pihak secara berkelanjutan melalui program magang utuk meningkatkan kualitas lulusan sebagai resspon atas perubahan arus dan daya saing global.
  4. Pengembangan karakter mahasiswa berjiwa kewirausahaan dan beretika untuk memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kualitas hidup.
Tujuan Program Studi
  1. Mendidik dan melatih untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dalam bidang perhotelan.
  2. Menciptakan tenaga – tenaga yang memiliki rasa tanggung jawab, berdisiplin dan mempunyai sikap kepribadian yang mantap sesuai kebutuhan perkembangan ilmu pengetahuan dan perhotelan.
  3. Mampu menghadapi perubahan dan perkembangan yang pesat di dunia perhotelan dan didorong oleh penggerak utama yaitu globalisasi dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pariwisata.
 BEBERAPA MATA KULIAH JURUSAN PERHOTELAN:
- Front Office
- House Keeping
- Food Product
- Restaurant (service)
- Bartending ( Beverage Product)
- Pastry/bakery
- Laundry
- Hotel Engineering
- Hotel Accounting
- Hotel Marketing
- Cruise Operational
- Cost Control
- Operation Analysis
- Convention Management
- English for Hotel 

House Keeping dan Laundry for benginner Klik disini bro .Khususnya yang sedang belajar di jurusan perhotelan.
Food and Beverages, langsung dari dosen pengajar saya langsung aja ke sini

cara buka gimana gan? silakan hubungi saya di:
elsagta@gmail.com
atau via sms di 082325562012 untuk informasi pembayarannya.
Nomor Rekening bisa dilihat di side bar yang ada
Atau anda ingin mencari sekolah pariwisata? Segera daftarkan diri anda di sini!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar